Home Musik Tradisional Keroncong-Tuty Maryati

Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 77

Keroncong-Tuty Maryati

 Alunan musik Keroncong daerah Jawa Barat yang akan dilantunkan oleh seorang penyanyi Keroncong ternama Indonesia Tuti Maryati. Tuti Maryati adalah penyanyi keroncong Indonesia yang belakangan ini dikenal sebagai Tuti Tri Sedya.

 

Wanita berparas cantik ini dianugerahi dengan karakter vocal lembut yang sangat pas dengan alunan music keroncong. Itulah sebabnya Tuti memilih Keroncong sebagai warna music yang ia usung di industry music Indonesia.

 

Tuti yang lahir di Makasar, Sulawesi Selatan ini menjalani masa mudanya di Tanah Parahyangan Jawa Barat. Dalam hal prestasi, Tuti muda telah menorehkan banyak prestasi. Kecintaannya akan alunan musik Keroncong juga membuahkan hasil yang luar biasa bagi dirinya.

 

Namanya mulai dikenal sejak mendapat gelar juara I Bintang Radio dan Televisi (BRTV) tahun 1986 untuk jenis keroncong. Setelah sebelumnya sempat juga menyabet gelar juara I lomba keroncong Antar Kotama TNI-AL Se-Jakarta II pada tahun 1983.

 

Tahun 1988, Tuti didaulat menjadi penyanyi di Istana Negara, yang menyanyi di depan para tamu Negara. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa alunan musik keroncong yang begitu lembut kerap membuat sipapun yang mendengarnya merasa mengantuk namun Tuti memiliki persepsi lain.

 

Wanita ini berkata bahwa "Musik keroncong itu menenangkan jiwa". Itulah ungkapan rasa cintanya terhadap music keroncong yang telah berhasil menarik minat banyak masyarakat mancanegara. Untuk memperkenalkan music keroncong ke seluruh dunia, Tuti mengajak serta Rombongan Kesenian Indonesia yang kemudian membentuk sebuah wadah bernama "Warung Keroncong Gaul". 

 

Tempat ini didirikan dengan tujuan sebagai media berkumpulnya insan pecinta keroncong serta sebagai ajang bagi para penyanyi keroncong muda yang ingin menjajal suaranya dan di nikmati pengunjung yang datang di warung tersebut. 

 

Tuti yang telah menghasilkan 15 album, juga menyibukkan diri dengan mengeksplorasi bakatnya yang lain sebagai Master of Ceremony atau MC. Meskipun music keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara, namun dengan beragam kreatifitas yang dimiliki musisi Indonesia akhirnya keroncong dikenal sebagai salah satu music khas Indonesia.nk-ike/5.4.12/pena

 

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

 

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990