Pelangi Nada

Pada Pelangi Nada edisi pop kali ini, kami akan menghadirkan salah seorang penyanyi Lady Rocker Indonesia era 90-an, “ANGGUN C. SASMI” . Penampilan yang nyentrik seperti atribut Baret miring, celana pendek, jaket paku-paku, dan sepatu boot menjadi ciri khasnya kala itu.

Penyanyi yang memiliki nama lengkap ANGGUN CIPTA SASMI ini mulai mendalami musik dengan belajar vokal dan bermain piano di usia sembilan tahun, Sejak itu pula Anggun mulai merintis karirnya sebagai penyanyi. Yang lebih istimewa, di usia yang masih sangat belia itu ia sudah mampu menciptakan lagu. Berkat bantuan musisi senior, Ian Antono, di usia 12 tahun Anggun sudah masuk dapur rekaman. Album perdananya yang berjudul Dunia Aku Yang Punya, saat itu diedarkan oleh Blackboard Records. Nama ANGGUN C. SASMI mulai mencuat setelah merilis album keduanya yang berjudul Tua-Tua Keladi di tahun 1990. Setelah itu ANGGUN terus menyemarakkan blantika musik Tanah Air dengan album-albumnya seperti Anak Putih Abu-Abu (1991), Gaya Remaja (1992), dan Yang Hilang (1994.

Saat popularitasnya sebagai lady rocker berada di puncak, Anggun memutuskan untuk menikah muda di tahun 1992 dengan seorang pria Perancis bernama Michel de Ghea yang dikenalnya saat mengadakan tur ke Banjarmasin. Meski demikian, menikah rupanya tidak membuat popularitasnya sebagai penyanyi meredup. Karirnya terus bersinar. Ia bahkan berhasil menjadi penyanyi termuda yang mendirikan perusahaan rekaman sendiri, yaitu PT Bali Cipta Record. Setelah sukses di negeri sendiri, Anggun mulai melebarkan sayapnya dengan berkarir di dunia internasional dengan dibantu oleh Erick Benzi, seorang produser dan penulis lagu yang pernah bekerja dengan penyanyi terkenal, Celine Dion. Berkat sentuhan tangan dingin Benzi, pada 1997 Anggun berhasil merilis album berbahasa Prancis, Au Nom De La Lune. Anggun pun mulai bermetamorfosis dalam karir bermusiknya, dari sebelumnya membawakan lagu-lagu rock cadas menjadi lagu-lagu bernuansa romantis. Setahun kemudian, ia merilis album berbahasa Inggris, Snow On Sahara. Dengan Snow on the Sahara, hitsnya yang sejudul dengan albumnya, dia mengukuhkan diri sebagai artis Asia pertama yang berhasil menembus Billboard Charts di Amerika Serikat dan artis Asia terlaris di luar Asia. Album tersebut berhasil terjual lebih dari sejuta kopi di seluruh dunia. itu tadi selintas tentang Anggun Cipta Sasmi.// Khadafi

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990