Pelangi Nada

Untuk acara pelangi nada edisi Pop kali ini kami akan mengetengahkan profil penyanyi pria legendaris ternama Indonesia yang suara merdunya sangat dihafal sekali dan dapat segera ditebak langsung oleh para remaja di masa itu dan mereka pun ikut bernyanyi bersama suara sang penyanyi Idola yang memang paling disukai secara personal sebab warna suara dan lagu-lagunya yang sentimenal, terlebih ketika lagu-lagu hits penyanyi ini di putar di radio-radio di seluruh Indonesia hingga sering tayang di program acara aneka ria safari yang disiarkan oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) kala itu, ya..dialah TOMMY J. PISA.

Voice of Indonesia dimana pun anda berada, baru saja kita dengarkan satu nomor lagu TOMMY J. PISA yang berjudul “Suratan” dan ini juga sekaligus untuk mengingatkan anda kembali akan nostalgia lagu-lagu TOMMY J. PISA dengan suara khasnya itu. TOMMY J. PISA adalah penyanyi yang terkenal di era tahun 80-an.

Lagu-lagunya yang paling terkenal dan menjadi hits kala itu di antaranya adalah Tembang Di Batas Kota Ini dan Biarkan Aku Menangis. Tembang “Di Batas Kota Ini” dan “Biarkan Aku Menangis” adalah hitsnya yang paling terkenal di dekade 1983 hingga 1992, dan merupakan masa-masa keemasan bagi perjalanan karirnya di Blantika Musik Indonesia. Karena dalam kurun waktu tersebut, ia sempat meluncurkan sederet album pop rekaman. Diantaranya adalah Album “Cinta dan Harapan” (1985) , “Disini cintaku bersemi” (1986), dan “Elissa” pada 1991

Kalau mau dicari siapa penyanyi pria paling melankolis di era 80an, boleh jadi TOMMY J. PISA adalah pemenangnya. Tidak heran, lagu-lagu dari album yang melejitkan namanya seperti BIAR KUCARI JALANKU, BIARKAN AKU MENANGIS atau DIBATAS KOTA INI adalah lagu yang berlirik ‘meratap’ dan dibawakan Tommy dengan warna suara yang ‘meratap’ pula. Predikat itu makin lengkap saat TOMMY merilis album SURATAN pada 1987 yang menceritakan tentang penderitaan seorang tunanetra. Rintihan dan ratapan TOMMY berpadu dengan aransemen musik yang melankolis dari  iringan music AKBA 583, boleh jadi ini adalah salah satu yang menjadikan lagu ini punya tempat tersendiri dihati penggemar musik pop manis saat itu. Seperti lagu-lagu hits sebelumnya, di lagu ini TOMMY juga didukung artis DINA MARIANA dengan suara falsetto nya sebagai vokalis tamu yang di era itu dikenal sebagai penyanyi 'vokal jawaban'. Album ini mencetak penjualan yang cukup tinggi, dan berhasil melambungkan nama TOMMY J. PISA ke permukaan. Kini, meskipun namanya telah lama tak terdengar di perputaran orbit blantika music Indonesia, namun TOMMY J. PISA masih aktif mengisi kegiatan-kegiatan off air bersama artis-artis penyanyi era 80 lainnya. // Chandra

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990