Pelangi Nada

 

Pelangi Nada edisi pop kali ini, kami akan menghadirkan seorang penyanyi pop Rafika Duri yang popular di tahun 70 – an. 

Pertama lirikanmu. Kedua bisikanmu Menggoda hatiku setiap waktu. Wajahmu nan rupawan. Senyummu nan menawan Membuat hatiku berdebar sendu. Itulah undaian bait lagu yang berjudul Hanya Untukmu dibawakan Rafika Duri. Ia lahir di Bangka 20 Januari 1960 , penyanyi Indonesia yang mencuat di Era tahun 1970-an. Rafika mulai senang menyanyi  sejak keci. Pada tahun 1971, Fika demikian ia akrab disapa telah menjadi juara Pop Singer di Bangka. Setelah itu ia hijrah ke Jakarta dan mengikuti les privat menyanyi. Nama Rafika mulai dikenal setelah ia menjuarai Bintang radio Televesi tahun 1976. Pada saat itu Rafika muncul bersama Harvey Malaiholo, yang kebetulan juga menjuarai kategori penyanyi pria.Harvey akhirnya juga dikenal sebagai pasangan duet Fika. 

Bulan indah berkilauan. Namun lebih indah wajahmu. Dikaulah kasih pujuaan. Aku cinta padamu. Engkau sangat kukagumi. Laksana raja nirwana. Sekarang semua muram. Oh…oh..oh… terlalu. Itulah sekelumit untai bait lagu yang dibawakan  Rafika Duri bersama pasangan duetnya, yang menghantar keduanya dikenal dikalangan pencinta music di tanah air. Pada tahun 1978 Rafika berhasil memperoleh penghargaan Gayageum Award pada Festival Lagu Internasional lewat lagu Hanya Untukmu Ciptaa A. Riyanto. Pada tahun 1982, Rafika mencoba jenis music bossas bersama Ireng Maulana dan mengeluarkan empat album. Rafika mempelajari gaya bernyanyi bossas itu dari album-album ratunya bossa-nova yaitu penyanyi asal Brazil, Astrud Gilberto yang dikenal lewat lagu "The Girl from Ipanema" atau "Fly Me to the Moon" pada awal tahun 1960-an. Meski sibuk menyanyi, pada tahun 1978-1982 Rafika berhasil menyelesaikan kuliahnya di bidang Interior Seni Rupa Universitas Trisakti.// Folda

 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990