Pelangi Nada

 

Untuk acara pelangi nada edisi musik pop kali ini kami akan mengetengahkan salah satu Grup Musik Legendaris Indonesia yang kehadirannya di awal tahun 70-an sempat membuat kejutan bagi para pecinta musik di Indonesia, ya.. mereka adalah Panjaitan Bersaudara atau lebih dikenal dengan sebutan PANBERS.

Kurun waktu lebih dari tiga dekade bukanlah masa yang singkat bagi eksistensi sebuah kelompok musik dalam berkarya mengabdi bagi perkembangan musik dan industri musik di Indonesia. Tak pelak lagi selama masa itu lagu-lagu karya cipta Panjaitan Bersaudara atau PANBER’s telah merebut hati pendengar musik dan menjadi kesayangan pecinta musik Indonesia. Karya cipta dan perjalanan karier yang kemudian menjadi pencapaian sebuah bukti pengabdian total yang konsisten untuk mampu bertahan selama lebih dari tiga dekade selama ini, ikut mewarnai peta musik hiburan dengan karya dan popularitasnya menjadi bagian tidak terpisahkan bagi sejarah musik hiburan di Indonesia.

Perjalanan karir Pandjaitan Bersaudara atau PANBER’s dalam musik Indonesia berawal dari di rilis nya lagu “Akhir Cinta” dalam LP (atau Long Play) ke-49 produksi PT. Dimita Moulding Industries pada tahun 1972. Gema keberadaan mereka dalam blantika musik Indonesia saat itu membawa arti lain yang pada gilirannya kemudian kehadiran mereka memicu kemunculan group band - group band lain di Indonesia. Sukses rilis album piringan hitam mereka di tahun 1971 dengan judul “Kami Cinta Perdamaian” yang bersejarah itu menguatkan visi mereka bahwa dunia musik Indonesia menunggu insan-insan muda yang kreatif dengan ide orisinal mempersembahkan karya-karyanya. Sejak periode ini kita mengalami suatu keadaan dimana dunia musik Indonesia dipenuhi dengan lagu-lagu ciptaan sendiri. Banyak sudah penghargaan maupun piringan emas yang diterima oleh PANBER’s diantaranya, piringan emas untuk lagu “terlambat sudah” di tahun 1977 dan “Gereja Tua” di tahun 1986 serta pernah juga menjadi International Repertoir untuk Band-Band kelas dunia seperti The Marmalade dari Inggris pada tahun 1971, The Cats dari Belanda pada tahun 1972 dan The BeeGees dari Inggris pada tahun 1974.// Khadafi 

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990