Pelangi Nada

 

Edisi kali ini menghadirkan sebuah grup band Indonesia, yaitu Radja. 

Cinta bukan hanya tentang rasa namun juga kejujuran. Ya, inilah mungkin yang ingin diungkapkan dalam lagu berjudul Jujur. Syair lagu ini meminta kejujuran dari kekasihnya tentang rasa cinta yang ada, ataukah sudah hilang. Saudara lagu Jujur merupakan salah satu hits yang telah melambungkan nama grup band ini di blantika musik Indonesia. Nama Radja diambil dengan harapan suatu saat mereka dapat menjadi Raja atau dikalangan musisi di tanah air. Harapan ini ternyata tidak sia-sia.Radja mampu merebut hati pencinta musik, tak hanya di Indonesia bahkan juga di negeri Jiran. Grup ini berdiri pada tanggal 17 Maret 200, saat itu terdiri dari Ian Kasela (vokalis) , Moldy (gitaris), Shuma (bassist), dan Adit (drummer). Tidak ada prestasi yang diraih tanpa perjuangan, demikian pula dengan Radja. Kegagalan pada album pertama pada tahun 2001 membuat Adit dan Shuma hengkang dari grup band ini. Pada tahun 2003 Radja kembali mengeluarkan album kedua berjudul Manusia Biasa di bawah bendera Malta Music Indonesia. Namun Album ini juga gagal di pasaran.

Cinta memang senantiasa dapat memberikan inspirasi yang seakan tak pernah kering. Demikian juga dengan lagu Aku Ada Karena Kau Ada. Saudara, walaupun kegagalan terus datang menghampiri, Radja tidak menyerah dengan kenyataan itu. Pada akhir 2004, grup band ini bergabung dengan label EMI, dan mengemas ulang  album kedua mereka, yang diberi nama Langkah Baru. Album ini membawa radja meraih Multi Platinum Award untuk penjualan kaset di atas 500.000 copy yaitu 1,3 juta copy. Album ini  termasuk 10 album terlaris di Indonesia. Mereka kebanjiran tawaran manggung tidak ahanya di Indonesia, bahkan juga  tampil di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Mulai jarang tampil di televisi belakangan ini mengundang pertanyaan dari para pencinta musik di tanah air, apakah Radja sudah mulai redup? Salah seorang personil Radja, Moldy mengatakan hilangnya Radja dari layar kaca disebabkan padatnya jadwal manggung Radja di berbagai daerah, termasuk ikut menghibur masyarakat selama masa kampanye jelang pesta demokrasi atau pemilu 2014. // Wati

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990