Pelangi Nada

Untuk acara pelangi nada edisi pop kali ini kami akan mengetengahkan salah satu Grup Musik pop rock legendaries Indonesia yang kehadirannya di kancah industri musik tanah air  telah membawa angin segar bagi kreatifitas seni musik di kalangan anak muda di Indonesia pada era 80-an dan 90-an, dan juga kehadirannya langsung mendapat perhatian yang serius dari kalangan para pencinta musik Indonesia. Gebrakan grup musik ini telah menjadikan mereka sebagai salah satu trendsetter bagi musisi-musisi muda Indonesia di masanya. Ya.. mereka adalah “DEWA 19”.

Dewa 19 adalah sebuah grup musik yang dibentuk pertama kalinya pada 1986 di kota Surabaya oleh empat orang siswa SMP Negeri 6 Surabaya. Nama Dewa merupakan akronim dari nama mereka berempat yaitu, Dhani Ahmad (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra Junaidi (gitar). Mereka memiliki markas tempat berlatih di rumah Wawan di Jalan Darmawangsa Dalam Selatan No. 7, yang terletak di komplek Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia. Grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel, dan formasi terakhirnya sebelum dibubarkan pada tahun 2011 adalah Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Setelah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an, Dewa 19 kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya yang bertajuk “Dewa 19” pada 1992 di bawah label Team Records. Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an melalui serangkaian lagu-lagu bergenre rock dan pop. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan bagus di pasaran, bahkan album mereka yang dirilis tahun 2000, Bintang Lima, merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta keeping.

 Sepanjang perjalanan kariernya, DEWA 19 telah menerima banyak penghargaan. Grup music ini telah tercatat beberapa kali memperoleh penghargaan BASF Awards maupun AMI Awards. DEWA 19 juga menerima sejumlah penghargaan dari luar negeri, diantaranya 2 kali memenangkan Anugerah Planet Muzik, LibForAll Award dari LibForAll Foundation, Amerika Serikat serta penghargaan Moonman Award dari MTV Southeast Asia Viewer's Choice. Pada tahun 2008, majalah Rolling Stone memasukan DEWA 19 ke dalam "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa". Ahmad Dhani juga menjadi salah satu artis dalam daftar tersebut. Sementara itu, Sang gitaris Andra Ramadhan berada dalam daftar "50 Gitaris Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" dan Once Mekel menjadi salah satu dari "50 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa".// Khadafi

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990