Pelangi Nada

 

Edisi Pelangi Nada kali ini, kami akan menghadirkan penyanyi Group Band Utopia.

Utopia adalah sebuah band beraliran Rock yang terbentuk pada tanggal 8 Agustus 2002. Dibentuknya group Band ini berawal dari hubungan pertemanan Pia (vocal) bersama Tommy (drum) yang tergabung dalam satu band, yang biasa mengisi acara di café. Tommy yang mempunyai sebuah studio musik dan Pia yang suka menulis lirik lagu, akhirnya mereka sepakat untuk mencoba membuat demo lagu dengan menambah personel untuk gitar, yaitu Dodo dan untuk posisi bass mereka mengajak Buche  teman  Tommy. Demo lagu yang mereka produksi, diterima  sebuah perusahaan rekaman. Dari sinilah sebenarnya awal pemakaian nama Utopia. Pada tanggal 8 Agustus 2003 tepat setahun usia Utopia, mereka merilis album pertama dengan judul Utopia dan mengandalkan hits single Antara Ada Dan Tiada. Lagu tersebut memang langsung menancap ditelinga dan tentu saja langsung melambungkan nama Utopia ditambah lagi band dengan vokalis wanita saat itu masih sangat sedikit. Kesuksesan single Antara Ada Dan Tiada selain memberikan keuntungan buat Utopia juga menimbulkan kontroversi yang kurang menyenangkan yaitu mereka dituding mengekor salah satu group band yang juga bervokalis wanita dan kebetulan sudah lebih dahulu terkenal. Padahal musik kedua group band ini sama sekali berbeda, Utopia lebih kepada elektronika dengan looping dan sampling.

Setelah album pertama diluncurkan, Utopia kembali merilis album mereka pada akhir tahun 2004 dengan judul Kekal dengan single pertama Seperti Bintang. Dalam album keduanya, Utopia mendapat tantangan untuk membuat karya yang melebihi kesuksesan debut album pertama mereka dan mereka berhasil mewujudkannya. Untuk single kedua dari album Kekal, Utopia mengandalkan lagu Benci. Di lagu ini Utopia memamerkan petualangan sound yang begitu cemerlang. Daya pikat vocal Pia yang begitu jernih berhasil utuh dalam suatu packaging warna musik medium rock yang begitu distorsif, tapi masih menyisakan unsur melodi yang gampang dicerna serta lirik yang begitu menghiba. Pada tahun 2007 Utopia kembali dengan album ketiganya dengan judul Indah dengan single andalan Baby DollSerpihan Hati dan Hujan. Komposisi di album ini merupakan proses permenungan Pia dalam bermusik. Semua lagu diciptakan oleh Pia. Pada pertengahan tahun 2004 Utopia meraih penghargaan yang membanggakan yaitu mereka meraih Anugerah Planet Muzik di Singapura, dengan meraih gelar “Best New Comer”. Singapura dan juga Malaysia memang termasuk pasar lagu – lagu Utopia, buktinya saja album pertama mereka terjual sebanyak 65.000 ribu copy.// Folda

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990