Pelangi Nada

Pelangi Nada, sebuah acara yang memperkenalkan musik   Indonesia, baik tradisional  maupun modern. Edisi kali ini menghadirkan sebuah grup musik asal Yogya Karta, Jikustik.

G-Coustic didirikan di Yogya Karta pada Februari 1996. Nama ini diambil dari nama sebuah stasiun radio lokal yang mempromosikan lagu kelompok band baru ke khalayak. Awalnya ini terdiri dari Pongki Barata pada vokal dan gitar, Icha (bass dan vokal), Dadi (gitar dan vokal), Adhit untuk keyboard dan Carlo pada drum. Tahun 1999, album "Bulan di Yogya" menjadi awal G-Coustic memasuki dunia musik Indonesia.  Pada tahun 2000, G-Coustik merubah namanya menjadi Jikustik dan bersama Warner Music Indonesia, merilis album "Seribu Tahun".  Setahun kemudian album edisi khusus "Seribu Tahun" yang dilengkapi 2 lagu baru yaitu "Kau Menghilang (Remix)" dan "Jangan Pernah Kau Layu" diluncurkan dan terjual hingga 600.000 kopi.

Selanjutnya Jikustik mengeluarkan album "Perjalanan Panjang” pada 2002, Beberapa lagu dari album ini menduduki posisi teratas pada chart di sejumlah radio di tanah air, antara lain "Tak Ada Yang Abadi", "Pandangi Langit Malam Ini", dan "Akhiri Ini Dengan Indah". Album “Sepanjang Musim" pada 2003. Pada minggu perdana peluncurannya, album ini telah terjual sebanyak 150.000 kopi. Pongki dan Icha paling aktif menciptakan lagu. Mereka juga  menciptakan lagu untuk penyanyi seperti Audy, Iwan Fals, Chrisye dan Rossa. Lagu "Seindah Biasa" yang dibawakan oleh penyanyi Malaysia Siti Nurhaliza Malaysia adalah ciptaan Pongki. Sedangkan Sheila Madjid menyanyikan lagu karya Icha berjudul "Cobalah Bertahan". Grup musik ini aktif mengeluarkan album hingga  tahun 2010, sampai Pongki memutuskan keluar dari Jikustik. Diikuti oleh  Icha sang bassis dan vokalis pada tahun 2012. Hal itu sangat disayangkan, karena keduanya sangat produktif menciptakan lagu untuk Jikustik. Personil Jikustik, Dadi, Adhit, Carlo, dan Brian,  menginginkan grup band ini tetap eksis. Pada tahun 2013 lalu, mereka merangkul bassist Bayu menggantikan Icha dan memutuskan kembalidengan single terbaru “Bila Ada Cinta yang Lain” ciptaan Brian. // Wati

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990