Home Komentar Peningkatan Daya Saing Perikanan Budidaya Indonesia di MEA 2015

Peningkatan Daya Saing Perikanan Budidaya Indonesia di MEA 2015

Tidak lama lagi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 akan mulai diberlakukan. Dalam hal ini. ada 11 sektor yang menjadi prioritas,  termasuk pertanian, otomotif, elektronik, kesehatan, pariwisata dan juga perikanan. Untuk sektor perikanan, khususnya perikanan budidaya, berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN akan menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia.

Saat ini, untuk wilayah ASEAN, Indonesia memiliki potensi wilayah dan jumlah produksi perikanan budidaya yang cukup baik. Dari data yang dirilis Organisasi Pangan Dunia -FAO, Indonesia berada di peringkat  paling baik dibandingkan Vietnam, Thailand, Filipina dan Malaysia. Namun demikian, Indonesia tidak boleh terlena meski bisa dipastikan akan ada peningkatan permintaan di sektor ini. Sementara itu,  peningkatan jumlah penduduk di kawasan ASEAN pun  nantinya  akan menjadi pemicu peningkatan permintaan hasil produksi ikan budidaya. Indonesia harus memanfaatkan peluang pasar yang besar ini  dengan meningkatkan kemampuan hasil produksinya agar bisa bersaing di pasar ASEAN. Tantangan terbesar adalah adanya kesamaan komoditas yang dikembangkan dan diekspor oleh sesama Negara anggota ASEAN.

Untuk bisa memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan, sektor perikanan budidaya perlu   dibenahi. Di antaranya di bidang infrastruktur seperti pelabuhan perikanan, armada perikanan, jaringan irigasi, jalan, listrik, dan air bersih. Kesemuanya   masih menjadi kendala bagi daya saing dan keberlanjutan usaha produk pengolahan perikanan dan  perlu diantisipasi segera oleh Pemerintah. Selain itu, peningkatan kualitas hasil perikanan budidaya  melalui sertifikasi pun  sangat diperlukan,  agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Penerapan  Sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik yang telah diakui oleh FAO dan lembaga sertifikasi Uni Eropa, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing produk dan kualitas ikan budidaya. Semakin berkualitas produk perikanan budidaya dari Indonesia, akan semakin dapat bersaing, baik di pasar ASEAN maupun di pasar global. Borgias

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990