Home Komentar Ujian Nasional Dimulai Hari Ini

Ujian Nasional Dimulai Hari Ini

Hari ini, Senin 14 April 2014, siswa yang duduk  di tingkat terakhir sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di seluruh Indonesia mulai menjalani Ujian Nasional (UN). Meski banyak dikritik, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, UN tetap dilaksanakan tahun ini dengan berbagai  dasar hukum. Antara lain,  Undang-undang, Peraturan Pemerintah, hingga  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  

Persiapan pelaksanaan UN telah dilakukan  oleh berbagai pihak. Dari sisi penyelenggara, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin telah selesai  melakukan pendistribusian soal ujian. Dipastikan soal  dapat digunakan hari ini dalam keadaan baik dan tidak ada kebocoran. Untuk wilayah DKI Jakarta misalnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lasro Marbun, menjamin soal ujian nasional (UN) SLTA dan sederajat untuk wilayahnya  tak akan bocor.  Distribusi soal mulai  dari percetakan hingga  ke sekolah, dikawal ketat oleh aparat kepolisian. Sedangkan dari  sisi siswa peserta ujian, tentunya jauh hari sebelumnya, mereka telah mempersiapkan diri dari segi akademis.  Hal ini dilakukan tidak hanya di sekolah atau di rumah, namun juga  di tempat-tempat bimbingan belajar yang kini sangat menjamur.  Yang menarik, dalam beberapa hari terakhir banyak diberitakan tentang sekolah-sekolah yang menggelar do’a bersama untuk kelancaran para siswa dalam menjalani UN.

Tahun ini, faktor kelulusan tidak sepenuhnya tergantung pada hasil ujian, melainkan nilai harian siswa.  Komposisinya, nilai sekolah terdiri dari 70 persen nilai rata-rata rapor dan 30 persen nilai ujian sekolah, dibandingkan tahun 2013 yang komposisinya 60 :40. Menurut Mendikbud, tahun ini kriteria kelulusan meliputi beberapa hal, di antaranya:  Siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran; Siswa memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.  

Penyelenggaraan UN dari tahun ke tahun selalu menjadi perhatian banyak orang. Bukan hanya para pendidik, siswa didik dan  orangtua,  namun juga berbagai pihak yang peduli pada kualitas pendidikan di Indonesia. Memang, ujian nasional merupakan evaluasi terakhir dari seorang siswa yang telah selama tiga tahun menjalani proses pembelajaran di sekolah. Walaupun nantinya, tidak seratus  persen nilai UN yang akan diambil untuk nilai akhir seorang peserta ujian, tetap saja UN masih menjadi penentu kelulusan seseorang dari SLTA dan menjadi bekal jika ingin melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.

Hari ini hingga Rabu nanti, UN dilaksanakan untuk SLTA, seminggu kemudian untuk tingkat SLTP. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Dasar, tidak ada ujian nasional. Ada atau tidak ada UN, pendidikan di Indonesia diharapkan dapat meningkat kualitasnya setiap tahun. EGR

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990