Home Komentar Iran Bangun 120 Pos Penjagaan Di Perbatasan Dengan Pakistan

Iran Bangun 120 Pos Penjagaan Di Perbatasan Dengan Pakistan

Iran membangun 120 pos penjagaan di sepanjang perbatasan timurnya dengan Pakistan. Kebijakan itu merupakan upaya untuk memperketat penjagaan di perbatasan kedua negara setelah banyak serangan dari kelompok pemberontak yang bersembunyi di wilayah Pakistan. Korps Garda Revolusi Iran -IRGC dalam sebuah pernyataannya mengatakan, kalau pasukannya  akan mengawasi sekitar 300 kilometer wilayah perbatasan di tenggara Saravan di Provinsi Baluchistan.

Mengapa Iran membangun pos-pos penjagaan baru di perbatasannya dengan Pakistan ?

Pada Minggu (23/3/2014) lalu, kelompok pemberontak di Baluchistan mengaku telah membunuh lima pasukan penjaga perbatasan Iran  dalam sebuah serangan. Kelompok itu juga mengklaim punya tawanan sejak Februari tahun ini. Pada 6 Februari lalu, lima penjaga perbatasan Iran diculik di daerah perbatasan dengan Pakistan dan dibawa ke wilayah negara itu. Kelompok teroris Jaish-ul-Adl mengaku bertanggung jawab atas penculikan tersebut. Kementerian Luar Negeri Iran telah memanggil duta besar Pakistan di Teheran untuk meminta klarifikasi dan mendesak penindaklanjutan  kasus tersebut. Teroris Jaish-ul-Adl merupakan pewaris utama kelompok Jundullah pimpinan Abdul-Malek Rigi dan mulai mengumumkan eksistensinya setelah Iran menghancurkan militan Jundullah. Kelompok ini dipimpin oleh Salahuddin al-Farooqui dan memiliki hubungan dekat dengan Rigi.

Yang menarik, Jaish-ul-Adl juga menjalin hubungan dengan Al Qaeda dan Amerika Serikat dengan tujuan untuk merusak keamanan nasional Iran. Militan Jaish-ul-Adl pada November tahun lalu membunuh seorang jaksa di Provinsi Sistan-Baluchistan. Sebelumnya, pada Oktober, mereka menyergap pasukan penjaga perbatasan Iran di kota Saravan dan menewaskan 14 prajurit.

 Jaish-ul-Adl telah menjadikan wilayah barat Pakistan sebagai basis yang aman bagi kegiatannya. Setelah Pemerintah Iran menjamin keamanan wilayahnya di sepanjang perbatasan dengan Pakistan, maka kini giliran Islamabad untuk tidak menyerahkan wilayahnya kepada kelompok-kelompok teroris yang  melancarkan serangan terhadap negara tetangga. Pemerintah Pakistan tentu saja berkewajiban untuk menjamin keamanan dan menciptakan stabilitas di seluruh wilayahnya.

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa kelompok teroris selalu melakukan serangan ke Iran dari wilayah Pakistan, tapi pemerintah Islamabad belum mengambil langkah-langkah serius untuk mengatasi masalah itu. Jadi sangatlah wajar, jika pemerintah Iran memperkuat pengawasan di perbatasan kedua negara dengan terus menambah pos-pos pengamanan. Pane.

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990