Home Komentar Misteri Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines Terjawab ?

Misteri Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines Terjawab ?

Mister itentang keberadaan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang sejak 8 Maret lalu sudah mulai  terungkap.  Obyek yang diyakini sebagai bagian dari  pesawat bernomor penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing itu tertangkap satelit berada di Samudera Hindia.

Sikap “agak tertutup” pemerintah Malaysia dan  kesimpangsiuran informasi terkait keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH 370 mulai menunjukkan titik terang.  Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dalam keterangan persnya di Kuala Lumpur, Senin malam (24/4) mengungkapkan, telah mendapat informasi dari perwakilan Air Accidents Investigation Branch (AAIB), sebuah lembaga pemerintah Inggris yang melakukan penyelidikan tentang kecelakaan pesawat. Menurut Najib,  berdasarkan keterangan AAIB diketahui bahwa satelit Inmarsat telah menangkap objek yang dipercaya  bagian dari   MH370 di koridor selatan di tengah Samudera Hindia, tepatnya di sebelah barat Perth, Australia. Najib juga menegaskan bahwa penerbangan MH370 berakhir di tengah Samudra Hindia dan tidak ada penumpang yang selamat.

Walaupun keberadaan pesawat Malaysia Airlines itu sudah dapat dipastikan berada di tengah Samudera Hindia, namun hal ini masih meninggalkan teka teki. Bukti otentik seperti pecahan badan pesawat, jenazah penumpang, atau barang-barang milik penumpang belum ada yang ditemukan. Artinya apa yang disampaikan Perdana Menteri  Najib Tun Razak semuanya hanya  berdasarkan hasil foto satelit.

Untuk memastikan hasil foto satelit itu, pemerintah Australia telah mengerahkan kapal perangnya, HMAS Success, menuju ke lokasi yang diyakini sebagi tempat jatuhnya MH370. Menurut Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein, HMAS Succes memang berada paling dekat dengan lokasi yang terpencil di Lautan Hindia itu. Selain itu, setidaknya  enam kapal Tiongkok juga mengarah ke koridor selatan Lautan Hindia yang menjadi lokasi jatuhnya MH370. Tiongkok sangat berkepentingan karena 227 dari 239 penumpang MH370 adalah warganegaranya.

Teka teki keberadaan pesawat Malaysia Airlines ini akan segera  terjawab   bila potongan tubuh pesawat atau bukti lainnya telah  ditemukan. Namun, di samping belum ditemukannya bukti fisik yang konkrit,  peristiwa naas itu pun masih menyisakan beberapa  pertanyaan besar ..

Mengapa pesawat itu bisa sampai berada di sana,  dan apa penyebab kecelakaan itu ?

Tentu kerjasama internasional sangat dibutuhkan untuk menjawab semua itu. Semakin cepat, semakin baik karena keluarga yang ditinggal akan lebih tenang jika sudah ada jawaban yang pasti. Pane

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990