22September2017

Home Komentar Peluang Keterpilihan Caleg Perempuan Dalam Pemilu 2014

Peluang Keterpilihan Caleg Perempuan Dalam Pemilu 2014

Pemilihan umum legislatif akan digelar pada 9 April 2014. Kampanye  terbuka    pun sudah dimulai sejak 16 Maret. Ada  6 ribu 607 calon legislatif yang akan  bertarung memperebutkan kursi DPR RI pada Pemilu 2014, dan sebanyak 2 ribu 467 di antaranya adalah calon legislatif perempuan. Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Hadar Nafis Gumay, mengatakan, calon anggota legislatif  perempuan yang berpartisipasi dalam pemilihan umum 2014 mengalami peningkatan sebanyak 7 persen dibanding Pemilu  2009 lalu. Sedangkan untuk tingkat Dewan Perwakilan Daerah meningkat dari 11 persen menjadi 12,47 persen. Peningkatan jumlah calon anggota legislatif perempuan ini merupakan angin segar dalam demokrasi Indonesia. Berarti perempuan juga memiliki hak dan ruang yang sama dengan laki-laki dalam berpolitik.

Namun, bagaimana peluang mereka pada pemilu 2014?  Ternyata  masih ada yang pesimis,  terutama karena adanya budaya patriarki di masyarakat yang  membuat para pemilih cenderung resisten terhadap calon legislatif perempuan. Tetapi bila melihat  data hasil Pemilihan 2009 peluang keterpilihan perempuan pada pemilu 2014 ini kemungkinan bisa meningkat. Hasil pemilihan umum 2009 menunjukkan perempuan meraih 18 persen kursi DPR  dan 27 persen kursi Dewan Perwakilan Daerah. Untuk DPRD Provinsi, perempuan meraih rata-rata 16 persen kursi. Sementara untuk DPRD Kabupaten/ Kota rata-rata hanya mencapai 12 persen kursi.

Tentu dengan banyaknya jumlah calon legislatif perempuan pada pemilihan umum 2014, diharapkan perempuan yang terpilih menjadi anggota legislatif akan meningkat. Walaupun tingkat keterpilihan perempuan tinggi, calon legislatif perempuan juga harus bisa tampil langsung ke publik dan mendekat ke konsituennya .

Ke depan, diharapkan tingkat keterwakilan perempuan di parlemen meningkat. Untuk itu, partai politik harus mempersiapkan banyak kader perempuan sejak awal. Sebaiknya  partai politik  tidak merekrut secara instant calon legislatif perempuan pada saat menjelang pemilihan umum. Ini dapat  berakibat  banyak wakil perempuan di parlemen tidak menunjukkan performa yang prima. Partai politik  diharapkan langsung merekrut calon perempuan untuk pemilu lima tahun mendatang. Dengan demikian, ketika terpilih menjadi wakil rakyat, mereka bisa berperan maksimal untuk terjun langsung membuat kebijakan yang lebih berfihak pada  hak perempuan. Borgias

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990