Home Komentar Sinyal Penguatan Kekuasaan Dinasti Ke tiga Kim Di Korea Utara

Sinyal Penguatan Kekuasaan Dinasti Ke tiga Kim Di Korea Utara

Tanda-tanda penguatan kekuasaan dinasti ke tiga Kim di Korea Utara terlihat semakin menguat. Hasil pemilu legislatif Korea Utara yang dilaksanakan  pada hari Minggu (9/3) menyatakan, Kim Jong-un telah memenangkan setiap suara yang diberikan setiap pemilih di perwakilan wilayah. Pemimpin tertinggi Korea Utara itu pun memperoleh suara kemenangan 100 persen tak terbantahkan dalam pemilihan Majelis Agung Rakyat (parlemen), untuk pertama kalinya di bawah kepemimpinannya. Sinyal lainnya yang menunjukkan proses penguatan dinasti Kim adalah kemunculan adik perempuan Kim Jong-un dalam pemilihan Minggu lalu secara resmi bersamanya. Kim Yo-Jong yang diperkirakan saat ini berusia 26 tahun, menemani Kim  Jong-un di tempat pemungutan suara pada pemilihan parlemen, Minggu (9/3).

Memang, itu bukan penampilan pertama Kim Yo-Jong bersama kakak laki-lakinya. Yo-Jong pernah terlihat di televisi pemerintah pada tahun 2011, , berdiri di samping Kim Jong-un saat menghadiri pemakaman ayah mereka, mantan pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-Il. Sejak itu, ia beberapa kali terlihat menemani kakaknya dalam perjalanan dinas lapangan.

Pemunculannya pada Minggu itu berbeda, karena untuk pertama kali hadir  secara resmi dalam  pemungutan suara bersama sejumlah tokoh partai dan petinggi militer.  Kedudukannya secara tepat belum diketahui tetapi dia diduga sebagai kepala program di kantor sekretariat Kim Jong-un. Pada 2012, Kim Yo-Jong terlihat di televisi bersama bibinya, Kim Kyong-Hui.

Sebagai saudara perempuan dari Kim Jong-Il, ayah Kim Jong-un, Kim Kyong-Hui   merupakan  sosok berpengaruh yang menyandang gelar jenderal berbintang empat. Bersama dengan suaminya Jang Song-Thaek, ia terlihat memiliki kekuatan di belakang Kim Jong-un, namun pemimpin muda itu menyingkirkan dan menghukum mati Jang pada tahun lalu.

Kekuasan yang pernah di pegang Kim Kyong-Hui, bisa saja dimiliki Kim Yo-Jong yang berarti ” kekuasaan generasi ke tiga Dinasti Kim akan semakin kuat. Pane

.

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990