Home Komentar Tingginya suku Bunga Kredit Mikro Membuat Pengusaha UMKM Susah Bergerak

Tingginya suku Bunga Kredit Mikro Membuat Pengusaha UMKM Susah Bergerak

Banyak pihak saat ini mengeluhkan tingginya suku bunga kredit komersial dan suku bunga usaha makro kecil dan menengah di Indonesia yang bertahan di kisaran 20 persen lebih per tahun. Sektor usaha makro kecil dan menengah sangat bergantung pada permodalan dari dunia perbankan, baik itu bank nasional maupun Bank Perkreditan Rakyat. Bila kalangan perbankan tidak menurunkan tingkat suku kredit, hal itu tentu sangat mempengaruhi gerak langkah para pelaku usaha makro kecil dan menengah di tanah air. Tingkat suku bunga seperti saat ini, membuat harga jual produk menjadi tinggi. Sehingga akibatnya membuat sektor usaha makro kecil dan menengah menjadi sulit berkembang,  bahkan sulit bersaing menghadapi pasar  internasional. Target perkembangan dan pertumbuhannya pun akan terhambat.

Banyak pihak berharap agar pihak bank di Indonesia segera menurunkan suku bunga kreditnya, khususnya bunga pinjaman usaha makro kecil. Tetapi pihak bank beralasan bahwa Bunga kredit untuk usaha kecil menengah masih tinggi karena terbawa oleh pengaruh bunga simpanan yang terlalu tinggi di tahun 2013. Suku bunga kredit tidak bisa serta-merta turun karena masih ada deposito yang belum genap satu tahun. Bila suku bunga kredit diturunkan pihak bank khawatir, para deposan akan menarik dana depositonya.

Ini memang dilematis bagi pihak bank, tetapi tidak berarti suku bunga kredit ini harus dibiarkan tinggi. Bank Indonesia bersama pemerintah perlu memikirkan adanya subsidi bunga. Pasalnya, dengan suku bunga khusus untuk usaha makro kecil dan menengah katakanlah misalnya, tidak lebih dari 15 persen per tahun, pengusaha usaha makro kecil dan menengah akan  bisa bertahan dan terus menjadi pilar pendukung ekonomi nasional. Selain itu, Bank Indonesia perlu membuat kebijakan yang lebih tegas, misalnya bagi bank-bank yang dapat menurunkan suku bunga kredit akan diberikan insentif dan bagi bank-bank yang suku bunga kredit mikronya masih tinggi, diberikan disinsentif. Borgias

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990