Home Komentar Peluang Hillary Clinton Sebagai Kandidat Presiden Partai Demokrat Amerika Serikat

Peluang Hillary Clinton Sebagai Kandidat Presiden Partai Demokrat Amerika Serikat

Hasil beberapa jajak pendapat menunjukkan, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi kandidat Presiden Partai Demokrat.  Peluang itu bisa terjadi tentunya jika Clinton memutuskan untuk bertarung pada Pemilihan 2016 mendatang . Sementara itu sampai saat ini belum ada kandidat yang jelas yang akan dinominasikan Partai Republik.

Hillary Clinton adalah seorang politisi handal yang sudah berkecimpung di arena politik nasional selama lebih dari 20 tahun, baik sebagai Ibu Negara, Senator, kandidat calon Presiden dan Menteri Luar Negeri. Akhir tahun ini Hillary Clinton diperkirakan akan memutuskan apakah ia akan bertarung atau tidak dalam pemilu Presiden, dan jika maju, ia akan menjadi kandidat yang tangguh berdasarkan pengalaman dan dukungan masyarakat Amerika Serikat.  
Tanda-tanda bahwa Clinton akan mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Amerika pada pemilu 2016 mendatang sudah terlihat dari tahun lalu ketika ia menyetujui perkawinan sesama jenis. Keputusannya untuk mendukung perkawinan sesama jenis diperkirakan bertujuan untuk menggalang kekuatan menjelang pemilihan presiden nanti.    

Dukungan untuk pencalonan Hillary Clinton juga akan datang dari taipan media keturunan Israel-Amerika, Haim Saban.  Saban yang dikenal sebagai donor utama partai Demokrat AS mendambakan Hillary bisa menggantikan Barack Obama sebagai Presiden AS 2016. Tidak hanya Saban, miliarder George Soros, juga mendukung istri mantan Presiden Bill Clinton itu.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan dukungan-dukungan itu, perjalanan pencalonan Hillary Clinton untuk menjadi Presiden Amerika Serikat berikutnya akan berjalan mulus? Jawabannya, belum tentu.

Dari Partai Demokrat sendiri,  Clinton akan ditantang wakil presiden saat ini Joe Biden yang diperkirakan mendapat dukungan dari beberapa anggota partai demokrat. Jika Biden mencalonkan diri, tentu Presiden Barack Obama akan bersikap netral. Namun jika Biden tidak mencalonkan diri ada kemungkinan besar Obama akan mendukung Clinton. Namun demikian, Clinton harus menawarkan “program-program yang segar”, yang membawa perubahan dari yang sudah dijalankan Barack Obama, misalnya program kesehatan Obama yang ditentang sebagian masyarakat Amerika Serikat.

Sementara itu pesaing  Hillary Clinton dari Partai Republik diperkirakan adalah Gubernur New Jersey, Chris Christie, yang masih berupaya menyelesaikan skandal George Washington Bridge tentang kemacetan lalu lintas yang direkayasa oleh pembantu-pembantu Christie.
 
Tersandungnya Chris Christie bisa membuka jalan bagi tokoh-Republik lain termasuk mantan gubernur Florida, Jeb Bush, adik mantan Presiden George W. Bush, gubernur Wisconsin Scott Walker/senator Texas, Ted Cruz, dan senator Kentucky Rand Paul. Proses nominasi resmi baru  akan dimulai dua tahun lagi, tetapi mereka yang berminat bertarung pada 2016 untuk merebut kedudukan di Gedung Putih diperkirakan sudah harus mengambil keputusan selambat-lambatnya pada akhir tahun ini. Pane

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990