Home Berita Pemerintah Dorong Perkembangan Industri Padat Karya

Pemerintah Dorong Perkembangan Industri Padat Karya

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Yogyakarta, Senin 28 April seperti dikutif Antara mengatakan, pemerintah terus mendorong perkembangan sektor industri padat karya sehingga siap menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN -MEA 2015. Untuk menghadapi MEA, tentu  Indonesia  harus memperhatikan serius industri berbasis padat karya karena sektor  tersebut  paling banyak menyerap tenaga kerja. Hatta Rajasa menilai dilihat dari kondisi perekonomian saat ini sesungguhnya Indonesia telah memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan pasar bersama ASEAN tersebut. Meski demikian,  sektor padat karya sebagai salah satu tonggak perekonomian, perlu diperkuat terlebih dahulu karena lebih memiliki kerawanan atau tidak mampu bertahan dibanding sektor perekonomian lainnya.Untuk menyikapi hal  tersebut menurut Hatta,  pemerintah telah berupaya memberikan berbagai insentif untuk mempertahankan sektor padat karya.ant/29.4’14/mar 

 Hadapi MEA, HIPMI Akan Gandeng UMKM

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung penuh terbentuknya Komıte Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.  Hipmi berharap Masyarakat Ekonomi Asean dapat menjadi pemicu bagi pengusaha Indonesia untuk lebih  agresif menghadapi persaingan di kawasan. Menyikapi persaingan ketat pada Masyarakat Ekonomi Asean, ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sumatera Selatan, Yudha Pratomo kepada RRI, Selasa pagi, mengatakan, pihaknya berkomitmen akan mengandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menaklukan pasar Internasional .

 " Ketika Asean Economic Community terjadi, harusnya bukannya orang Thailand, singapura atau orang Malaysia yang jual barang kesini, tapi bagaimana caranya agar kita yang menjual kesana. Memang betul HIPMI ini menjadi gateway atau yang didepan, jadi kalau misalnya petani-petani itu mau jualan ke luar kan, kalau misalnya mereka menjual atas nama petani dimana gitu, ya mungkin kan kredibilitasnya kurang gitu, nah nanti HIPMI yang maju ke Malaysia, ke Singapura, nati kita cari pengusaha-pengusaha disana yang butuh, nanti kita jual HIPMI yang di depan.  

Yudha Pratomo mengakui, memang tidak mudah untuk dapat menaklukan pasar internasional yang memiliki standar mutu yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, kedepannya HIPMI akan meningkatkan penggunaan teknologi pertanian dan bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam pengawasan mutu produk pertanian ".

Polri Minta Buruh Tertib Saat Peringati May Day

Kepolisian RI berharap perayaan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2014 berlangsung tertib dan lancar. Seperti yang dikutip dari kompas .com. Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Jakarta  Senin, 28 April mengatakan, serikat pekerja yang akan merayakan Hari Buruh dengan berorasi dapat berkoordinasi minimal tiga hari sebelum hari H. Dengan demikian, Polri dapat menginformasikan kepada masyarakat luas untuk menghindari sejumlah ruas jalan dan lokasi yang akan menjadi titik kumpul massa. Agus mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan personel yang akan dikerahkan  menjaga pelaksanaan aksi tersebut. Jumlah personel yang diterjunkan untuk setiap daerah berbeda menyesuaikan kondisi yang terjadi di lapangan. Lebih jauh, Agus mengatakan, polisi tak segan untuk membubarkan pelaksanaan perayaan hari buruh jika situasi tidak kondusif. /kom/29.4’14/mar

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Business Address

Jl. Merdeka Barat, Jakarta 4-5, 4th Floor

Jakarta 10110, Indonesia.

Phone: +62 21 3456 811,

Fax: +62 21 3500 990